Saturday, March 29, 2014

Filosofi dari Warna Seragam Sekolah SMA



Identik dengan aturan dasar penetapan seragam sekolah SD dan SMP yang diterapkan oleh Menteri Pendidikan, maka kombinasi seragam untuk SMA pun telah ditetapkan dengan kombinasi warna sendiri, yaitu putih abu-abu. Adapun alasan filosofis dibalik pemilihan warna abu-abu sendiri tidak begitu diketahui secara jelas, namun sebagai orang berpendapat bahwa makna dibalik warna putih-abu-abu adalah:
·    Warna putih melambangkan warna otak manusia yang belum masih bersih, maksudnya belum pernah dipakai untuk berpikir.
·    Sedangkan warna abu-abu melambangkan warna otak manusia yang sudah pernah dipakai untuk berfikir.
Jadi intinya, warna putih abu-abu di filosofikan sebagai harapan agar masa SMA dijadikan sebagai masa perjuangan dalam mengisi kekosongan otak yang belum terisi apa-apa itu dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang menjadikan otak kosong tadi menjadi berisi, dimana ditandai dengan perubahan warna dari putih menjadi abu-abu. Bisa jadi makna diatas ada benarnya.
Dari segi kuantitas, maka saat ini jumlah sekolah tingkat SMA sangat banyak, terdiri dari sekolah SMA negeri dan swasta. Pada kurun waktu 30 tahun ke belakang, sekitar tahun 1970 – 1980, sekolah SMA negeri demikian mendominasi dan menjadi tujuan para orang tua murid untuk menyekolahkan anaknya di sekolah SMA negeri. Namun kini, sejalan dengan waktu, sejalan dengan peningkatan jumlah penduduk dan taraf ekonomi masyarakat Indonesia, kini bermunculan sekolah SMA Swasta berkualitas yang dari sisi kualitas pendidikan tidak berbeda dengan sekolah SMA negeri, bahkan pada level tertentu berada lebih baik dari sekolah SMA negeri.
Satu-satu alasan orang tua memilih sekolah SMA negeri adalah karena faktor biaya sekolah yang dipandang jauh lebih murah dari sekolah swasta. Tentu ini ada benarnya, karena pada dasarnya sekolah swasta tidak mendapatkan bantuan biaya pendidikan dari Pemerintah. Namun, hadirnya sekolah SMA swasta berkelas yang mengutamakan kualitas pendidikan tampaknya telah membuat kecenderungannya sendiri untuk menjadi pilihan para orang tua dan siswa untuk memilihnya. Sementara faktor biaya adalah urusan nomor dua, yang penting anaknya bisa bersekolah di sekolah berkualitas.
Dengan banyak dan meningkatnya jumlah sekolah SMA, maka kebutuhan seragam SMA pun kian banyak dan meningkat pula. Untuk itu, kini SERAGAM SEKOLAH MURAH ONLINE hadir sebagai konveksi seragam sekolah online Bandung yang siap membantu pihak sekolah dalam memenuhi kebutuhan seragam sekolahnya.
------------
Konveksi Seragam Sekolah dan Seragam Kerja Online Bandung siap menerima pesanan seragam sekolah, seragam kerja, seragam kantor, seragam pabrik, dan berbagai produk konveksi lainnya. Silakan hubungi CS kami di 081316789667, 081218610243 Pin 23764264 atau email ke seragamsekolahmurah@hotmail.com, dengan senang hati CS kami akan melayani serta menjawab segala pertanyaan Anda.

No comments:

Post a Comment